Rabu, 10 Juni 2009

I D i H !


"
Wa Min Syarri Hâsidin idzâ Hasad"

I : Ingin atau sesungguhnya Iri?
D: Damba atau sesungguhnya Dengki?
i : -idem-
H: Harap atau sesungguhnya Hasûd?

al-Imâm an-Nawawi,
mengutip
dedawuh al-Imâm al-Ghazâli,
(semoga
rahmah dan ridlâ-Nya menyertai)
membagi
I.D.i.H dalam setiap diri,
menjadi tiga terpatri:

Pertama
:
Terasa, teraba, terkira,
dan terlihat mata:
ada nikmat dan bahagia,
ada suka dan ria,
di diri sesama...

Lalu terbitlah "
I" di hati:
"ku
Ingin nikmat itu berhenti dan pergi,
lalu beralih ke diri ini..."

Kedua:
Terasa, teraba, terkira,
dan terlihat mata:
ada nikmat dan bahagia,
ada suka dan ria,
di diri sesama...

Lalu muncullah "D" di jiwa:
"ku
Damba nikmat itu senyap dan bermaya,
walau diri tak miliki yang sama..."

Ketiga:
Terasa, teraba, terkira,
dan terlihat mata:
ada nikmat dan bahagia,
ada suka dan ria,
di diri sesama...


Lalu muncullah "
H" dalam kalbu:
"biarlah nikmat itu tetap di situ,
Harapku, asal ia tak ungguli aku!"

15 komentar:

  1. Woooow.....mantab bro...
    semoga iri dengi=hasud hilang di hati ya.....

    BalasHapus
  2. hehehe.. Mantaaaaaabs Surantaaaaaaaabs.. kita sering iri.. apakah ALLAH tidak iri.. melihat kita selalu melupakanNYA.. dan bertuhankan tuhan tuhan yang lain..
    Salam Sayang

    BalasHapus
  3. wah keyen bngt sob pintar bngt neh si ijo oyo oyo

    BalasHapus
  4. sumpah aku g ngerti @@
    tapi yg pasti kamu pinter berpuisi ^^

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum..
    penasaran abizz ma pemilik blog ini
    puisinya bagus
    ada makna yang dalam tentang kebesaran Ilahi di dalam tiap bait puisinya
    hmmm siapakah pemilik blog ini sebenarnya
    ah biarlah...
    siapapun dia....
    aku tetap menyukai puisinya
    baik di blognya ataupun d tiap komennya....
    Wassalam..

    BalasHapus
  6. Yups setuju ama mbak wina...
    aku ucap makasih atas semuanya....maksih banyak...

    BalasHapus
  7. terima kasih atas kunjungan baliknya
    biar gak salah manggil yg punya blog perempuan apa laki-laki yah
    kalo perempuan saya panggil mbak
    kalo lelaki saya panggil mas
    gimana???

    BalasHapus
  8. liat judul blognya aja langsung tertarik!?
    hmm.. isinya ternyata tidak mengecewakn...

    salam kenal...

    BalasHapus
  9. idih papa genit suka ciumin mama.. aku jadi iri pengen dicium juga.. eee.. OOT yaa
    Salam Sayang

    BalasHapus
  10. malam kawan apa kabar wah makin mantap aja neh postingan

    BalasHapus
  11. duuuh makasih banyak ya......tenkyu berat...

    BalasHapus
  12. salam hangat sob dah lama ga keluar dari pertapaanku nih...dan ketika keluar mengunjungi rumah sobat udah bnyak yang berubah

    BalasHapus