Rabu, 24 Juni 2009

HARGA MANUSIA

Alkisah bertutur,
tentang Sang Sufi sulit tersadur,
yang tak lelah tafakkur,
yang tak letih dzikir terlumur,
yang tak sudah khusyû'nya hudhûr...

Suatu hari Sang Sufi melangkah,
berpahatkan kasih dan dan raut cerah,
menebar sapa santun dan ramah,
saat seorang pejabat pongah,
berjalan angkuh berlawan arah.
Sang sufi yang tak jengah,
berlandas cinta tanpa merendah,
ingatkan si tuan tanah:
“jangan congkak di bumi Allah!”
Sang petinggi mendadak gerah,
wajahnya mengeras kaku dan merah,
gusar jelas meraut di wajah.
Ia pun menghardik marah:
“Hey, kamu orang rendah,
dengan siapa berhadapan, kamu sadarkah?”

Sang Sufi
senyum mengurai jawaban:
“Kau (dan kita) sungguh jelas, Kawan,
(sesuai '
âdah yang terjalankan):
Awal: sperma menjijikkan,
akhir: bangkai busuk tak terelakkan,
dan di antaranya: kelayapan,
membawa busuk jijik kotoran!

[Setiap kita,
yang cantik-tampan menawan mata,
ataukah yang merasa
buruk rupa;
yang kaya berlumur harta,
ataukah faqir, miskin dan papa;
yang berpangkat mahkota,
ataukah jelata tak kenal tahta:
Berawal dan berakhir sama,
dengan isi perut serupa!

Lalu apa harga nilai kita,
Selain IMAN hakiki di dada,
Dan ISLAM yang nyata menggelora?]

46 komentar:

  1. Duhai tuan perangkai kata
    tuturmu santun dan sarat makna
    bertabur pesan pembuka mata
    ingatkan diri yang sering lupa

    sungguh semua benar adanya
    tak ada beda antar sesama
    setiap yang bernyawa tentulah fana
    kampung akherat tempat pulangnya

    "memeluk" islam gampang caranya
    cukup melafath kalimat_NYA
    "menjadi" islam tentu tak sama
    kobarkan iman slalu di dada


    Thanks for sharingnya ... sungguh sejuk didada.

    BalasHapus
  2. Wow wow wow, subhanalloh.. kata-katanya sangat menyejukkan hati, adeeem bngt.

    BalasHapus
  3. Indah nian rangkaian kata kata diatas, maknanya juga dalam...

    BalasHapus
  4. bener-bener menusuk kalbu...saya jadi ingat akan kekuasaan Sang Pencipta...makasih mas kata-kata penyejuknya...

    BalasHapus
  5. Iman sering terkecoh dengan percaya
    percaya masih katanya.. kata kitab
    percaya kadang kuat kadang lemah
    semua masih ikatan dualitas belaka

    Berdasarkan angan dan akal fikir
    Masih cakupan nilai nilai dualitas
    Iman adalah wilayah unity
    dari daerah tanpa kata tanpa suara

    Iman adalah cinta yang tulus dari hati
    membangkitkan kesadaran diri merasakan
    Tumbuh dalam Jiwa Jiwa yang Tenang
    Iman adalah hati hati yang merindukanNYA

    Salam Sayang

    BalasHapus
  6. Manusia pada dasarnya sama
    yang membedakan adalah kadar ketaqwaannya.

    BalasHapus
  7. bener2 jadi adem...sesuai ma judul blognya ijoroyoroyo, klo liat pemandangan ijo kan nek hati rasanya juga adem begete gt ^_^..thankz yah..

    BalasHapus
  8. Setuju...inna akromakum 'indallohi atqokum....kalo nggak salah nulis bunyi ayatnya kek gitu ya.....Oiya mo tanya bangkai sang sufi nya di makan tanah nggak...?
    tentang nya nya nggak bisa di jawab...maaf sobat katanya takut menjadi wingka...

    BalasHapus
  9. Oiya headernya aku suka banget.....

    BalasHapus
  10. dari tiada
    kembali ke tiada

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum

    Alhamdulillah
    ditengah penat lelah
    setelah pulang dari mencari nafkah
    ku di tenangkan dengan nasehat penuh barokah

    terima kasih sharingnya mas Ijo.. headernya bagus banget

    BalasHapus
  12. mengingat akan kebesaran Allah..
    membuat kita terasa kecil tak berarti... thanks buat penyejuk jiwa.... salam kenal...

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. harga manusia tak ternilai lho. sebab manusia adalah ciptaanNya yang segambar dan serupa denganNya.

    BalasHapus
  15. Bahwa "atqa" adalah standar,
    setelah iman-islam berakar:
    ku sungguh sepakat benar!

    "atqa" pada Allah Ta'ala,
    Sang Maha Benar dalam segala,
    Sang Maha Beda tiada yang serupa,
    "lam yalid wa lam yuulad" sungguh nyata,
    "wa lam yakun lahu kufuan ahad" jelas tak maya!

    Terimakasih semuanya...

    BalasHapus
  16. semua benar bagi diri yang mengerti.. tetapi begitu menyedihkan melihat perkembangan sekarang ini.. terlalu banyak yang mengaku ngaku.. dengan sombongnya menunjuk nunjuk.. seakan kebenaran milik sendiri.. sungguh tiada menyadari.. telah terdinding oleh sang diri..
    Salam Sayang
    Salam Rindu..

    BalasHapus
  17. Terimakasih, dan salam sayang...

    BalasHapus
  18. Suuuh makasih puisi atqa nya...kereennnn

    BalasHapus
  19. ralat s nya pake d ...maap

    BalasHapus
  20. alhamdulillah nisa nderek ngaji lagi...

    sekalian ijin ngelink... :)

    BalasHapus
  21. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang untukmu sahabatku

    BalasHapus
  22. Maaf neh sahabat, aku nggak paham dengan kata2 sahabat di shoutmixku.....Tentang font yang di ganti....gambar animasinya atau kah tulisan berjalannya....makasih

    BalasHapus
  23. pagi sobat apa kabar..berkunjung di hari yang cerah nihh menyapa sahabat mayaku

    BalasHapus
  24. selamat pagi abah datang

    BalasHapus
  25. smeoga kt diberi kesadaran yg lebih untuk melaksanakna perintah-NYa.. amin ^^

    BalasHapus
  26. apa yang di ganti emoticonnya ya sahabat.....
    maaf buwel nggak ngerti dengan maksud yang di shoutmix...

    BalasHapus
  27. makasih sobat...meski aku nggak tahu maksudnya, yang aku tahu sarannya sobat tentunya baik buat aku.....udah aku ilangin comic san nya......coba di cek ya, maksudnya sobat yang comic san itu yyang udah aku ilangin apa nggak...?

    BalasHapus
  28. makasih sobat puisinya....tapi maaf aku nggak tahu maksudnya....

    BalasHapus
  29. Lalu apa harga nilai kita,
    Selain IMAN hakiki di dada,
    Dan ISLAM yang nyata menggelora?]
    ============================================
    IMAN tumbuh dalam HATI YANG HIDUP.. JIWA JIWA YANG TENANG.. sadarilah itu semua saudara saudaraku

    BalasHapus
  30. malam sobat apa kabar sang penyair beken

    BalasHapus
  31. Pagi sahabat mudah mudahan tetap semangat yaaa
    Salam Sayang

    BalasHapus
  32. Jasad Maha Raja dipendam di tanah
    Hancur lebur tiada berbekas..
    Ruh suci terkotori jiwa kotor
    Saudara sejati menanggung siksa
    Menyesal sudah tiadalah guna

    BalasHapus
  33. Mampir sobat barang kali udah di jawab dan bisa ku ungkap

    BalasHapus
  34. oiya makasih udah agak tahu....makasih ya sobat...

    BalasHapus
  35. ronda malam kerumah sahabat neh

    BalasHapus
  36. Ada Award buat kamu sobat, dijemput yah.

    BalasHapus
  37. SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG SAHABAT

    BalasHapus
  38. Sobat, buwel minta tolong neh agar sobat ikut memberi solusi di tempat nya sobat blogger ini.
    di klik ya link ini

    BalasHapus
  39. setuju bgt... contohnya jacko.. apa yg bkl dbw selain islam dan amal ^^

    BalasHapus
  40. #semuanya, maaf lama tak bersua...

    BalasHapus
  41. #semuanya, termaksih atas setiap untai kata...

    BalasHapus
  42. wow...aq sangat kagum dengan sang sufi dan tasawufnya....apalagi yang nulis ini.. salam kenal ya

    BalasHapus